Langsung ke konten utama

macam-macam Layanan Internet dan contoh layanan internet


Hingga saat ini ada berbagai macam-macam layanan internet yang digunakan untuk mencari atau dapatkan informasi dari internet. Tanpa layanan ini maka internet tidak akan berguna seperti saat ini. Oleh karena admin akan membahas berbagai jenis layanan internet yang mungkin saja sobat belum tahu apa – apa saja yang sobat bisa lakukan ketika medapatkan akses internet.

layanan internet bisa didapatkan dari yang berbayar maupun yang gratis, ada juga layanan internet yang berbayar yang memang dibuat untuk membantu sobat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Ada juga layanan internet yang digunakan sebagai hiburan atau pun edukasi. Dan yang paling terbaru adalah layanan internet bisa digunakan sebagai mata pencaharian. hampir semua jenis layanan internet ini membantu sobat mendapatkan informasi.

macam-macam layanan internet sampai saat ini

layanan internet saat ini didominasi oleh layanan google, ada banyak layanan google yang membantu sobat untuk mencar informasi di dunia maya. muali dari mesin pencari, layanan email,  penyimpanan data dan masih banyak lagi.

Search Enggine

Yang pertama adalah search enggine. Admin sengaja memasukan search enggine pada bagian atas, karen mesin pencari adalah layanan internet yang paling utama saat ini. Search enggine adalah layanan internet yang digunakan untuk mencari segala sesuatu yang ada di internet, bisa berita, artikel dan segala macam.

Tugas utama mesin pencari adalah menyimpan semua informasi semua website yang ada saat ini sehingga memudah pengguna untuk mencari segala macam bentuk informasi baik berupa document, gambar, aplikasi dan sebagainya. Saat ini search enggine yang utama adalah google atau bing.

E-mail (persuratan elektonik)

email atau elekrtonik email adalah layanan internet yang sudah ada sejak awal internet digunakan. Email adalah sebuah pesan yang berisi text,file, gambar yang dikirim untuk individu tertentu atau sekelompok individu menggunakan jaringan komputer. Dan tahukah sobat kalau pengiriman email di lakukan pada 1971 oleh Ray Tomlinson.

Untuk menerima atau mengirim pesan e-mail sobat harus menggunakan account dari mailserver yang disediakan oleh pihak tertentu seperti ISP atau sejenisnya. Saat ini ada beberapa layanan email gratis yang disediakan oleh beberapa pihak seperti gmail atau yahoo,outlook

Mengakses email (surat) sobat, harus menggunakan jaringan internet menggunakan mail client seperti Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird atau dengan mengakses langung website layanan tempat sobat mendaftar email. Secara garis besar layanan internet mail pada saat mengirim email minimal terdiri dari alamat pengirim (admin@songkolo.com) tujuan (penulis@songkolo.com) Subject surat dan isi pesan. penyedia layanan email yang populer saat ini ada gmail.com, yahoo.co.id

E-Commerce (perdagangan elektronik)

Layanan internet yang satu ini terbilang baru di indonesia, tetapi sebetulnya e-commerce adalah salah satu layanan internet yang ada sejak awal – awal internet mulai digunakan seluruh dunia dan salah satu pihak yang memberikan layanan ini adalah ebuy. E- Commerce pada dasarnya adalah layananan internet yang sama dengan toko pada umumnya.

Yang membedakan e- Commerce dengan toko offline adalah pada e- Commerce jangkauan pembeli tak terbatas wilayah dan jam. Pembeli bisa melakukan proses jual beli tidak terbatas oleh lokasi dan waktu bisa dilakukan kapan saja asalah sobat masih terhubung dengan internet. E-commerce secara luas adalah pembelian dan penjualan produk harus melalui internet, dan setiap transaksi yang dilakukan harus menggunakan proses elektronik.

contoh layanan internet e-commerce adalah bhinneka.com, mataharimall.comolx.co.id

E-Banking (Internet banking)

Layanan e-banking bisa dikatakan sebagai segala proses perbankan yang dilakukan secara elektronik, layanan ini seperti transfer data antar rekening yang dilakukan menggunakan media intenet online. Jadi sobat tidak perlu menggunakan ATM atau melalui bank, tetapi cukup menggunakan smartphone atau laptop sobat.

Selain proses transfer antar rekening. E-banking juga bisa digunakan untuk cek saldo. Memeriksa keuangan sobat seperti dana masuk maupu keluar. dan hampir semua bank konvensional saat ini mengunakan layanan e-banking seperti mandiri.co.id

E-Learning (belajar online)

e-learning adalah proses pembelajaran secara elektronik, dan umumnya menggunakan komputer untuk memberikan sebagian, atau seluruh proses belajar mengajar baik di sekolah, pelatihan, atau program pembelajaran jarak jauh.

Admin disini membatasi e-learning adalah proses belajar dan mengajar yang dilakukan secara elektronik artinya harus ada yang mengajar dan juga yang di ajar secara langsung dalam artian harus ada interkasi antara keduanya secara langsung. Karena proses belajar dari internet bisa dari berbagai macam sobat membaca artikel ini juga bisa dikatakan sebagai proses belajar secara elektronik namun bukan proses seperti ini yang masuk prose e-learning.

E-Government

e-Government adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kegiatan organisasi untuk sektor publik, kegiatan ini mulai ramai di indonesia sejak beberapa tahun terkahir. Umumnya eGovernment digunakan untuk memudahkan pemerintah (organisasi) dalam menyelesaikan suatu persoalah sederhana atau yang rumit.

Layanan internet eGovernment bisa seperti surat-meyurat antara pemerintah, layanan perizinan online untuk masyarakat dengan pemerintah. Dan masih banyak lagi layanan internet untuk eGovernment.

E-government memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas dan efisiensi administrasi publik. Komunikasi menjadi lebih mudah bagi warga dan pelaku bisinis untuk berhubungan dengan pemerintah.

contoh layanan internet e-government http://indonesia.go.id/

Social Media

Media sosial adalah komunikasi online yang dibuat untuk saling berinterkasi, berbagi konten oleh sesama pengguna. Situs web dan aplikasi yang didedikasikan untuk forum, microblogging, jejaring sosial, bookmark sosial,dan wiki adalah salah satu jenis media sosial.

contoh layanan internet social media adalah facebook.com, google plus

Streaming Online

Streaming adalah cara mendengarkan musik atau menonton video secara real time, bukan men-download file ke komputer dan menontonnya. Jadi streaming adalah ayanan internet yang bisa memutar video atau mendengar lagu tanpa harus mendownloadnya misalnya youtube.

inilah macam-macam layanan internet yang paling populer, beberapa layanan internet sengaja saya tidak masukkan disini karena menurut admin ini adalah pengembangan dari layanan internet yang saya sebutkan disini.

Postingan populer dari blog ini

Penyebab browsing internet lambat dan cara mengatasi

Browsing internet lambat  pada saat browsing di internet. Jika browser lambat maka otomatis internet juga akan terasa lambat walaupun signal wifi / wireles full. Penyebabnya bisa saja pada laptop sobat, lebih tepatnya adalah aplikasi browser yang sobat gunakan bermasalah. Bisa karena google chromenya atau mozilla yang memang lagi bermasalah. Periksa add ons masing-masing browser Mungkin saja sobat menggunkan add ons yang banyak. Jika sobat tidak membutuhkanya silahkan dihapus saja. Misalanya beberapa add ons yang paling berpengaruh, adalah add ons yahoo toolbar, ads block dan sebagainya, add ons ini akan melakukn filtering content dan menggunakan bandiwidth internet sobat untuk menjalankannya. komputer sobat terkena spyware Ini yang paling sering terjadi. Browser sobat dibanjiri spyware, spyware bisa dalam bentuk iklan yang tidak jelas muncul tiap saat ketika sobat menggunakan browser. Iklan ini selain memenuhi layar juga akan menggunakan koneksi internet untuk menampilkan iklann

Cara buat vertical progress Bar di bootstrap

Untuk membuat layout progress bar menggunakan bootstrap sangat mudah namun jika progress bar yang diinginkan berbentuk vertical dan sesuai dengan keinginan sepertinya agak susah. berikut contoh menampilkan progress bar pada bootstrap. <div class="container-fluid"> <div class="row"> <div class="col-sm-6"> <div class="vertical-skills pull-right xs-center"> <ul class="list-inline"> <li><span class="skill" style="background: #ff0000; height: 90%;"></span><span class="title">HTML</span></li> <li><span class="skill" style="background: #00bbff; height: 85%;"></span><span class="title">CSS</span></li> <li><span class="skill" style="background: #9168e5; height: 75%;"></span><span class="title">PHP</span></li> <li>

Pengertian keyboard komputer dan fungsi keyboard

Pengertian keyboard komputer memasukkan teks ke dalam komputer, harus menggunakan keyboard. Entah itu keyboard secaa fisik ataupun model keyboard virtual, komputer dan keyboard tidak akan bisa di pisahkan. Keyboard adalah salah satu perangkat keras komputer untuk input (masukan) informasi ke cpu. Pengertian keyboard komputer dan fungsinya Keyword komputer adalah perangkat input eksternal yang digunakan untuk menginput data berupa text, angka, fungsi dan kombinasinya untuk memberikan instruksi kepada komputer dalam hal ini CPU. keyboard komputer adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan karakter dan perintah ke dalam sistem komputer dengan menekan tombol. keyboard adalah perangkat utama yang digunakan untuk memasukkan teks. keyboard biasanya berisi kunci huruf, angka dan karakter khusus, serta tombol untuk fungsi-fungsi tertentu. Sebuah keyboard terhubung ke sistem komputer menggunakan kabel atau koneksi nirkabel seperti wireless atau bluetooth. Hampir semua keybo