Langsung ke konten utama

Cara mengukur kecepatan internet paling akurat


Internet cepat sudah menjadi kebutuhan saat ini maka diperlukan cara mengukur kecepatan internet yang akurat. mengukur kecepatan internet gampang-gampang susah sob. karena seperti yang diketahui internet bukan benda padat dan susah untuk di indra hanya bisa di rasakan.

dan yang paling menyulitkan mengukur kecepatan internet adalah akan ada perbedaan dari berbagai cara di gunakan, dan juga beda perangkat akan berbeda. misalnya sobat mengukur kecepatan internet menggunakan laptop akan berbeda hasilnya jika menggunakan handphone.

begitu juga dengan jika menggunakan kabel LAN dengan menggunakan wireless juga akan sangat berbeda hasilnya. dari beberapa pengalaman saya memeriksa internet untuk kapasitas besar (100 mbps) maka tidak ada alat yang pas yang bisa digunakan.

jadi untuk mengukur kecepatan internet kapasitas besar bisa dilakukan dengan melakukan download file kebeberapa website yang berbeda. dan memantau trafik langsung pada mrtg atau server sobat. tapi jika sobat ingin melakukan mengukur kecepatan internet dengan cara mudah berikut beberapa website yang bisa di gunakan.

website yang paling banyak digunakan adalah speedtest.net, Speakeasy namun beberapa isp (internet services provider) yang sobat gunakan rata-rata mempunyai layanan untuk mengukur kecepatan internet ada.

berikut beberapa layanan yang bisa digunakan untuk melakukan pengukuran internet, sobat harus perhatikan server yang di dituju. misalnya untuk mengukur koneksi lokal indonesia gunakan server yang ada dalam negeri, untuk mengukur kecepatan internet international gunakan server luar seperti hongkong, US dan lainnya.
Speedtest http://speedtest.net/
speakeasy https://www.speakeasy.net/speedtest/
speedof http://speedof.me/
testmy http://testmy.net/results
Speedy / telkom http://speedtest.telin.sg/
cbn http://speedtest.cbn.net.id/
XL http://speedtest-iix.xl.net.id/
Indosat http://speedtest.indosat.com/

Berikut tips untuk mengukur kecepatan internet

  1. Gunakan beberapa perangkat yang berbeda untuk hasil yang lebih akurat. gunakan beberapa laptop atau komputer yang berbeda dengan berbagai spesifikasi. misalnya komputer yang high end akan memberikan hasil yang berbeda dengan low end. ini disebabkan karena kemampuan perangkat dalam menangkap sinyal jika menggunakan wireless. selain menggunakan laptop gunakan handphone untuk hasil yang variatif.
  2. Gunakan sistem operasi berbeda untuk hasil pengukuran internet yang berbeda. ada baiknya sobat membedakan sistem operasi untuk mengetahui rata-rata kecepatan bandwidth internet sobat. ada beberapa perangkat yang bisa digunakan  misalnya windows 10, windows 8, windows 7 atau linux dengan beberapa turunannya seperti ubuntu, clear os, centos dan sebagainya.
  3. Gunakan media koneksi yang berbeda. misalnya jika sobat menggunakan wifi / wireless sobat tambahkan menggunakan dengan kabel LAN atau media lainnya jika sobat punya.
  4. Selalu gunakan perangkat yang bersih dari spyware. hal ini untuk memastikan kalau tidak ada aktivitas internet lainnya selain digunakan untuk pengukuran internet.
  5. Matikan auto update jika menggunakan windows. ini juga penting untuk mendapatkan hasil pengukuran internet yang benar-benar akurat. matikan service / aktivitas yang menggunakan media koneksi internet.
  6. Lakukan restart modem sebelum melakukan pengukuran internet, hal ini untuk membuat modem betul-betul pada kondisi yang baik sehingga mengahasilkan yang betul-betul akurat.
  7. tips terakhir adalah dengan memutus semua koneksi internet selain ke perangkat yang sobat gunakan untuk mengukur kecepatan internet. hal ini untuk memastikan bahwa pada saat pengukuran semua koneksi internet hanya di gunakan pada perangkat yang anda gunakan.
selalu melakukan pencatatan ketika melakukan pengukuran internet sobat. hal ini untuk mengevaluasi layanan isp sobat yang anda gunakan. selain menggunakan layanan pengukuran yang saya sebutkan di atas, sobat bisa mengukur koneksi internet menggunakan mrtg pada penyedia layanan internet sobat.

Postingan populer dari blog ini

Cara buat vertical progress Bar di bootstrap

Untuk membuat layout progress bar menggunakan bootstrap sangat mudah namun jika progress bar yang diinginkan berbentuk vertical dan sesuai dengan keinginan sepertinya agak susah. berikut contoh menampilkan progress bar pada bootstrap. <div class="container-fluid"> <div class="row"> <div class="col-sm-6"> <div class="vertical-skills pull-right xs-center"> <ul class="list-inline"> <li><span class="skill" style="background: #ff0000; height: 90%;"></span><span class="title">HTML</span></li> <li><span class="skill" style="background: #00bbff; height: 85%;"></span><span class="title">CSS</span></li> <li><span class="skill" style="background: #9168e5; height: 75%;"></span><span class="title">PHP</span></li> <li>

Penyebab browsing internet lambat dan cara mengatasi

Browsing internet lambat  pada saat browsing di internet. Jika browser lambat maka otomatis internet juga akan terasa lambat walaupun signal wifi / wireles full. Penyebabnya bisa saja pada laptop sobat, lebih tepatnya adalah aplikasi browser yang sobat gunakan bermasalah. Bisa karena google chromenya atau mozilla yang memang lagi bermasalah. Periksa add ons masing-masing browser Mungkin saja sobat menggunkan add ons yang banyak. Jika sobat tidak membutuhkanya silahkan dihapus saja. Misalanya beberapa add ons yang paling berpengaruh, adalah add ons yahoo toolbar, ads block dan sebagainya, add ons ini akan melakukn filtering content dan menggunakan bandiwidth internet sobat untuk menjalankannya. komputer sobat terkena spyware Ini yang paling sering terjadi. Browser sobat dibanjiri spyware, spyware bisa dalam bentuk iklan yang tidak jelas muncul tiap saat ketika sobat menggunakan browser. Iklan ini selain memenuhi layar juga akan menggunakan koneksi internet untuk menampilkan iklann

Pengertian keyboard komputer dan fungsi keyboard

Pengertian keyboard komputer memasukkan teks ke dalam komputer, harus menggunakan keyboard. Entah itu keyboard secaa fisik ataupun model keyboard virtual, komputer dan keyboard tidak akan bisa di pisahkan. Keyboard adalah salah satu perangkat keras komputer untuk input (masukan) informasi ke cpu. Pengertian keyboard komputer dan fungsinya Keyword komputer adalah perangkat input eksternal yang digunakan untuk menginput data berupa text, angka, fungsi dan kombinasinya untuk memberikan instruksi kepada komputer dalam hal ini CPU. keyboard komputer adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan karakter dan perintah ke dalam sistem komputer dengan menekan tombol. keyboard adalah perangkat utama yang digunakan untuk memasukkan teks. keyboard biasanya berisi kunci huruf, angka dan karakter khusus, serta tombol untuk fungsi-fungsi tertentu. Sebuah keyboard terhubung ke sistem komputer menggunakan kabel atau koneksi nirkabel seperti wireless atau bluetooth. Hampir semua keybo